Lencana Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


ARTIFICIAL INTELLEGENCE


KECERDASAN BUATAN
(ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
A. Sejarah AI
1.     Jaman “Batu” (1943-1956)
¢  Teori Logika (Alan Newell and Herbert Simon)
¢  Kelahiran AI: Dartmouth workshop - summer 1956
¢  John McCarthy’s memberi nama bidang: artificial intelligence
2.     Awal Antusias, Harapan Besar (1952-1969)
¢  McCarthy (1958)
- mendefinisikan Lisp
- menemukan time-sharing
- Advice Taker
¢   Pembelajaran tanpa pengetahuan
¢   Pembelajaran Evolusioner
¢  Metode resolusi Robinson.
¢   Banyak demonstrasi kecil tentang perilaku “intelligent”
¢   Prediksi over-optimistic Simon
3.     Masa Gelap (1966-1973)
¢  AI tidak mengalami perkembangan
¢  Kegagalan dari pendekatan terjemahan bahasa alami berbasis pada grammars sederhana dan kamus kata.
¢  Penterjemahan kembali yang populer                      English->Russian->English
¢  Penemuan untuk pemrosesan bahasa natural dihentikan.
4.     Renaissance (1969-1979)
¢  Perubahan pada paradigma penyelesaian:
¢  Dari penyelesaian masalah berbasis “search-based” menjadi  penyelesaian masalah berbasis pengetahuan.
5.     Era industrial (1980-sekarang)
¢  Sukses pertama Sistem Pakar secara komersial.
¢  Many AI companies.
¢  Eksplorasi dari strategi pembelajaran yang bermacam-macam.
6.     Kematangan (1987-sekarang)
¢  Perubahan dalam cakupan dan metodologi penelitian bidang Kecerdasan Buatan.
¢   Membangun di atas teori yang ada, bukan cuma                mengusulkan teori baru.
¢   berbasis klaim pada theorema dan eksperimen, bukan pada intuisi.
¢   menunjukkan relevansi ke aplikasi nyata, bukan pada contoh “mainan”.
7.     Agent cerdas (1995-sekarang)
          Realisasi yang pada mulanya dipisahkan dalam sub dari Kecerdasan Buatan perlu direorganisasi bilamana hasil-hasilnya diikat bersama-sama kedalam suatu desain agent tunggal.
¢  Suatu proses reintegrasi dari sub-area yang berbeda dari KB untuk membentuk “whole agent”:
¢   “agent perspective” of AI
¢   agent architectures
¢   multi-agent systems;
¢   agent untuk aplikasi tipe-tipe yang berbeda, web agents.

Definisi Kecerdasan
 Buatan
Arti Kecerdasan
kemampuan untuk 
¢  belajar atau mengerti dari pengalaman, 
¢  memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu,
¢  menanggapi dengan cepat dan baik atas 
    situasi yang baru,
¢  menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif
(Winston dan Pendergast, 1994)
PENGERTIAN AI
¢  Merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal - yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas (H. A. Simon [1987])
¢  Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and Kinight [1991])
¢  Artificial Intelligence adalah sebagian dari komputer sains yang mempelajari (dalam arti merancang) sistem komputer yang berintelegensi, yaitu sistem yang memiliki karakteristik berpikir seperti manusia. (Avron Barr dan Edward E. Feigenbaum dalam bukunya “The handbook of AI”).
Detail Kecerdasan Buatan
¢  Sudut Pandang Kecerdasan
            Kecerdasan buatan mampu membuat mesin menjadi cerdas (berbuat seperti yang dilakukan manusia).
¢  Sudut Pandang Penelitian
            Kecerdasan buatan adalah studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusia.
¢  Sudut Pandang Bisnis
            Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis
¢  Sudut Pandang Pemrogram
            Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simbolik, problem solving, dan pencarian (searching)
2 Bagian Utama AI
¢  Basis Pengetahuan (knowledge base)
            berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan komponen satu dengan yang lainnya.
¢  Motor Inferensi (inference engine)
            Kemampuan menarik kesimpulan berdasar pengalaman. Berkaitan dengan representasi dan duplikasi proses tersebut melalui mesin (misalnya, komputer dan robot).
Konsep Kerja Kecerdasan Buatan
¢  Turing Test
            Metode Pengujian Kecerdasan (Alan Turing).
            Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai.
¢  Pemrosesan Simbolik
            Sifat penting dari AI adalah bahwa AI merupakan bagian dari ilmu komputer yang melakukan proses secara simbolik dan non-algoritmik dalam penyelesaian masalah.
¢  Heuristic
            Suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problem secara efektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.
¢  Inferensi (Penarikan Kesimpulan) à AI mencoba membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning), termasuk didalamnya proses (inferencing) berdasarkan fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode heuristik, dll
¢  Pencocokan Pola (Pattern Matching) à Berusaha untuk menjelaskan obyek, kejadian (events) atau proses, dalam hubungan logik atau komputasional
Hasil Perkembangan AI
  1. Deep Blue mengalahkan Kasparov, juara dunia Catur.
  2. PEGASUS, suatu sistem memahami ucapan yang mampu menangani transaksi seperti mendapatkan informasi tiket udara termurah.
  3. MARVEL: suatu sistem pakar real-time memonitor arus data dari pesawat Voyager dan setiap anomali sinyal.
  4. Sistem robot mengemudikan sebuah mobil dengan kecepatan yang cepat pada jalan raya umum.
  5. Agent pintar untuk bermacam-macam domain yang bertambah pada laju yang sangat tinggi .
  6. Subjek materi pakar mengajar suatu learning agent penalarannya dalam pusat penentuan gravitasi.
Tujuan Kecerdasan Buatan
¢  Membuat komputer lebih cerdas
¢  Mengerti tentang kecerdasan
¢  Membuat mesin lebih berguna
Keuntungan AI
¢  Komputer masa depan akan memberikan kenikmatan, kenyamanan, dan kesenangan yang lebih tinggi bagi penggunanya. Hal-hal yang ditawarkan bagi para pengguna computer kecerdasan buatan :
Ø  Akan bisa berkomunikasi dengan computer dengan bahasa alami/bahasa manusia sehari-hari.
Ø  Akan terbebas dari keharusan belajar bahasa pemrograman dan system operasi.
Ø  Para pengguna computer yang tidak terlatih sekalipun akan menghasilkan karya yang sangat berguna bagi kepentingannya dengan menggunakan computer.
Ø  Menggunakan computer akan tidak lebih sulit daaripada menggunakan pesawat telepon.
¢  Komputer akan menjadi semakin lebih berguna. Hal ini karena bidang-bidang masalah yang tadinya tidak dapat dipecahkan oleh computer kini akan dapat dipecahkan dengan teknik kecerdasan buatan
Kerugian/Kelemahan AI
¢  Biaya pengembangan dan penelitian kecerdasan buatan sangat mahal.
¢  Pengembangan aplikasi kecerdasan buatan merupakan hal yang sangat sulit dan diperlukan waktu yang sangat lama.
¢  Masih sedikitnya perangkat lunak khusus untuk kecerdasan buatan.
¢  Belum teerciptanya antar muka (interface) bahasa alami khusus untuk kecerdasan buatan.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar